IMK - Pendahuluan


Hai sobat kali ini akan saya bahas materi IMK ( Interaksi Manusia dan Komputer), jangan lupa makan dan dijaga kesehatannya.

Latar Belakang IMK (Interaksi Manusia dan Komputer)

- Manusia (User) ingin bisa mengoperasikan komputer meskipun belum mengenal komputer itu sendiri atau masih awam.
- Manusia biasanya tidak tahu bagaimana proses yang terjadi dalam sistem komputer.
- Muncullah istilah User Friendly, yang artinya What You See What You Get (apa yang kamu lihat itu apa yang kamu dapatkan).
- Komputer juga mempunyai prinsip : Input - Proses - Output.

Definisi IMK (Interaksi Manusia dan Komputer)

- IMK adalah disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer yang interaktif untuk digunakan oleh manusia.
- Satu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi di antara pengguna(user) dan sitem.
Bentuk Komunikasi Manusia dan Komputer

- User Interface (antarmuka pemakai) :
Bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer
- Antarmuka yang berkembang dari berbasis tekstual (CLI/Command Line Interface) kemudian menjadi berbasis grafis (GUI/Graphical User Interface) sehingga antarmuka yang didukung oleh compiler dan biasa disebur dengan visual programming.

Tujuan Disusunnya IMK
- Untuk memudahkan manusia (user) dalam mengoperasikan komputer.
- Mendapatkan berbagai umpan balik selama bekerja pada sistem komputer.
- Menghasilkan sebuah sistem yang mudah digunakan, aman, efektif dan efisien.

Faktor Linguistik
- Peran bahasa sebagai antarmuka
- Memudahkan dalam penggunaan sistem
- Menghindari kesalah pahaman dalam penggunaan sistem

Faktor Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
- Suatu bagian ilmu komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan manusia, dimana merupakan penggabungan cara berpikir manusia dan mesin, untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah, dan pembelajaran.
Faktor Ergonomik
- Ilmu yang mempelajari bentuk tubuh manusia terhadap suatu benda.
- Berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman.
- Ilmu yang mempelajari perancangan dan pengaturan barang-barang yang digunakan manusia.

Faktor Antropologi
- Memberikan gambaran tentang cara kerja kelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing.
- Dapat memberikan pandangan yang mendalam tentang cara kerja dari setiap kelompok karyawan yang ada dalam satu perusahaan, dimana terjadi komunikasi antara manusia dan peralatan yang digunakan.

Faktor Sosiologi
Berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial.
Faktor Multimedia
- Tampilan menjadi lebih menarik.
- Lebih mudah dimengerti oleh user.
- Adanya gambar, suara, teks, grafik,dsb.

Faktor Desain Grafis
- Penggunaan desain grafis dalam ilmu komputer sudah menjadi kebutuhan dimasa sekarang.
- Banyak aplikasi yang tidak hanya berbentuk teks, tetapi sudah dalam bentuk multidimensi.

Faktor Teknik Penulisan
- Teknis menulis adalah penyajian informasi yang membantu pembaca memecahkan masalah tertentu.
- Merupakan bentuk panduan secara manual dari suatu produk.
- User diharapkan akan mudah berinteraksi dengan sistem jika sudah mempelajari panduan manual tersebut.

Selanjutnya akan diteruskan pada Halama Berikut:

Comments

Post a Comment